Desa Enrekeng | Kecamatan Ganra

Cegah Demam Berdarah, Semprot Fogging ke Rumah Warga
WhatsApp Image 2020-02-07 at 22.53.09

Enrekeng 7 Februari 2020

Ini merupakan kerjasama antara Puskesmas Ganra dengan Pemerintahan Desa Enrekeng. Fogging dilakukan dalam rangka pencegahan Penyakit DBD. Apalagi disinyalir penyakit demam berdarah semakin bertambah. Makanya untuk mengantisipasi hal itu, kita lakukan penyemprotan fogging.

Upaya pemberantasan nyamuk Aedes aegypti dilakukan warga Desa Enrekeng, Kecamatan Ganra, Kabupaten Soppeng. Pemerintah pun melakukan fogging di sejumlah rumah warga. Petugas juga menyampaikan pengasapan hanya akan membunuh nyamuk dewasa, sementara jentik nyamuk hanya akan terbunuh dengan menguras air, serta menutup dan mengubur tempat air tergenang, yang menjadi lokasi perkembangbiakan jentik nyamuk.

Cara Mencegah DBD

Agar tak terjangkit DBD, ada baiknya melakukan beberapa pencegahan, seperti membersihkan rumah. Pemilik rumah harus membersihkan beberapa tempat kesukaan nyamuk. Tempat-tempat itu adalah tumpukkan baju, karena nyamuk menyukai aroma tubuh manusia. Kemudian genangan air, dan tempat-tempat berdebu. Nyamuk-nyamuk akan bertelur di tempat-tempat yang kotor dan lembab.

Selain itu, pemilik rumah harus menambah sirkulasi udara. Misalnya, membuka jendela rumah saat pagi hari untuk melancarkan sirkulasi udara, dan juga mendapat cahaya yang maksimal.

Pemilik rumah juga bisa memasang kelambu di jendela. Jadi, nyamuk akan sulit masuk rumah saat jendela terbuka.

Untuk mengusir nyamuk, bisa juga digunakan kapur barus yang dibakar. Kemudian diletakkan di dalam ruangan dan tutup jendela. Diamkan sekitar 15 menit. Nyamuk-nyamuk DBD atau demam berdarah akan hilang.

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp

NOMOR TELEPON PENTING

Desa Enrekeng Kecamatan Ganra
  • Kantor Desa : -
  • Polsek Ganra : 081353513787
  • Pos Ramil Ganra: 081248877771
  • Pemadam Kebakaran : 082346823116
  • PSC : 085290741190
-